Logo Ilmu Batin

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


KONSULTASI

 


Untuk berkonsultasi dengan Ust. Ajib, silakan konfirmasi ke Customer Service terlebih dahulu

  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas

Tips dan Doa Membangun Keluarga Harmonis Lengkap

Kumpulan Artikel » Rumah Tangga » Tips dan Doa Membangun Keluarga Harmonis Lengkap

Tips dan Doa Membangun Keluarga Harmonis Lengkap

Tips dan Doa Membangun Keluarga Harmonis Lengkap - Menciptakan keluarga harmonis merupakan kewajiban bagi pasangan yang akan menikah nantinya. Semua orang pasti menginginkan keluarga yang harmonis.

Membuat keluarga yang harmonis tentu harus dibarengi dengan usaha-usaha nyata dan juga disertai dengan doa. Sebelum kita jauh membahas tentang tips dan cara membuat keluarga harmonis alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya keluarga harmonis.

keluarga dapat diartikan sebagai suatu kelompok kecil yang berkumpul dan tinggal dalam satu atap yang memiliki ketergantungan antara satu anggota dengan anggota lainnya.

Keluarga bisa dikatakan harmonis jika semua yang berada dalam satu atap itu merasa nyaman dan bahagia berada disana.

Keluarga yang Harmonis

Ada beberapa ciri-ciri keluarga yang harmonis dan bahagia, antara lain:

Memiliki fondasi agama yang kokoh sehingga setiap anggota keluarga memiliki hubungan yang baik dan ikatan yang kuat.

  • Saling mencintai dan menyayangi satu sama lain.
  • Mempunyai komitmen bersama demi membangun keluarga yang harmonis.
  • Terbuka, saling memberi masukan, dukungan, nasihat dan mengingatkan dalam hal yang positif.
  • Komunikasi yang lancar dan baik antara satu sama lain.
  • Saling bekerja sama untuk menciptakan kualitas hidup dan perekonomiann yang lebih baik.
  • Jika ada masalah diselesaikan bersama-sama.
  • Saling memahami, menghormati dan menghargai.

Beberapa ciri-ciri diatas bisa menjadi instrument kita dalam mengukur seberapa harmonis keluarga kita. Dan yang paling penting dalm membangun adalah adanya rasa kasih sayang , cinta antara satu dengan yang lainnya.

Kewajiban Membangun Keluarga Harmonis

Bagi seorang muslim diwajibkan baginya untuk menciptakan keluarga yang harmonis karena tujuan dari pernikahan adalah bukan hanya menyatukan dua insan, tetapi juga membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah firman Allah yang Artinya:

"Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah ia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berfikir." (QS Ar Rum : 30: 21).

Syariat Islam tentang munakahat atau perkawinan dan kehidupan keluarga adalah bertujuan untuk mewujudkan kehidupan yang diliputi ketenangan dan kebahagiaan, atau dalam istilah agama disebut sakinah.

Larangan Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Keluarga Harmonis

Ada banyak tips yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri yang ingin membangun keluarga yang harmonis, serta untuk menghindari kekacauan dalam rumah tangga juga ada banyak caranya.

Hal-hal yang harus dihindari oleh pasangan suami istri diantaranya:

  1. Hindari kebiasaan merendahkan Pasangan

Semua orang pasti merasa kesal jika direndahkan oleh orang lain, terlebih orang yang kita cintai. Hindarilah untuk berbuat merendahkan pasangan kita jika kita ingin membangun keharmonisan dalam keluarga kita.

  1. Jangan bandingkan pasangan dengan orang lain

Salah satu kesalahan yang tidak sengaja kita lakukan dan itu sangat menyakitkan adalah membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain. Seorang pasangan pasti tidak akan senang jika dibandingkan dengan orang lain.

  1. Hindari berbohong pada pasangan

Berbohong jelas-jelas sikap yang tidak terpuji. Agama pun melarangnya, tidak hanya kepada pasangan tapi kepada semua orang juga tidak boleh berbohong. Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam mengekalkan hubungan. Karena itu wajib menjaga kepercayaan suami dengan tidak berbohong.

  1. Tidak setia pada pasangan

Setiap pasangan pasti menginginkan pasangannya setia. Kesetiaan merupakan modal penting dalam menjalani sebuah hubungan. Karena sebuah hubungan akan kandas di tengah jalan tanpa adanya kesetiaan. Maka kesetiaan merupakan kunci langgengnya sebuah hubungan. Jadi, membuang kebiasaan tidak setia mutlak bagi pasangan yang menginginkan hubungan yang langgeng

  1. Lebih mementingkan pekerjaan dari pada pasangan

Pekerjaan memang sangat penting, jika tidak bekerja kita tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi dalam situasi tertentu jangan sampai menomorduakan pasangan dibawah pekerjaan. Pasangan harus diutamakan, karena jika tidak mereka akan merasa kecewa.

Tips Dalam Membangun Keluarga Harmonis

Kelima cara diatas adalah beberapa hal yang harus dihindari oleh pasangan, setelah kita bisa menghindari kelima larangan itu ada beberapa anjuran yang disarankan dalam membangun keluarga sakinah, diantaranya:

  1. Bangunlah keluarga dengan berlandaskan Al-Quran dan Al-hadits.

Yang pertama dan paling utama adalah keluarga yang berlandaskan Alquran dan Assunnah, sebuah keluarga akan mendapatkan petunjuk dari Allah jika mereka menjadikan alquran sebagai dasar untuk membangun keluarga sakinah.

  1. Menciptakan Kasih Sayang dalam keluarga

Ciptakanlah suasana dengan penuh kasih sayang, karena kasih sayang adalah pilar utama dalam mewujudkan rumah tangga yang melahirkan kebahagiaan, saling menghormati, saling mempercayai dan saling menolong satu sama lainnya.

  1. Bersyukur.

Setelah kita mengarungi bahtera rumah tangga lambat laun kita juga akan mengetahui kekurangan pada istri atau suami kita. Tetapi itulah rumah tangga, saling melengkapi satu sama lain dan menutupi kekurangan satu sama lain. Dengan bersyukur maka kita akan menerima pasangan kita dengan setulus hati kita.

  1. Memilih pasangan yag tepat.

Sebelum masa pernikahan dimulai. Agar terciptanya keluarga yang sakinah, maka dalam menentukan kriteria suami maupun istri haruslah tepat. Diantara kriteria tersebut misalnya beragama islam dan shaleh maupun shalehah, berasal dari keturunan dan keluarga yang kita percayai yang baik-baik.

Mempunyai akhlak mulia, sopan santun dan bertutur kata yang baik. Ini juga yang harus dilakukan dalam rangka untuk sebagai cara menciptakan keluarga sakinah mawaddah warahmah pertama kalinya.

  1. Berusaha menyenangkan pasangannya.

Jika kita mempunyai prinsip untuk selalu menyenangkan pasangan kita maka ibarat kita sudah menanam benih-benih cinta dan memupk cinta itu agar semakin kuat. Seorang pasangan pasti merasa bahagia jika selalu disayangi dan dicintai.

Doa Membangun Keluarga Harmonis

Yang paling terakhir dan tentunya paling penting adalah berdoa. Berdoalah kepada tuhan agar keluarga kita menjadi keluarga yang harmonis.

Doa yang dianjurkan yaitu doa yang termuat dalam Alquran surat Al-furqon ayat 74

“Rabbana hab lanaa min azwajinaa wadzurriyaatinaa qurrota a’yun, waajalna lilmutttaqina imaaman”

Yan berati: ya tuhan kami, anugrahkanlah pada kami, istri istri kami dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa.

Itulah serangkaian metode untuk membangun keluarga yang harmonis, kiranya bisa memberi manfaat bagi kita semua.

 

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas