Logo Ilmu Batin

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


KONSULTASI

 


Untuk berkonsultasi dengan Ust. Ajib, silakan konfirmasi ke Customer Service terlebih dahulu

  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas

Mimpi Bertemu Rasulullah

Kumpulan Artikel » Sholawat Khusus » Mimpi Bertemu Rasulullah

Mimpi Bertemu Rasulullah

bagi para pecinta rasul dan orang-orang yang merindukan Nabi Muhammad, bertemu beliau dalam mimpi adalah sebuah impian yang sangat diidam-idamkan, betapa indahnya jika bisa bertemu Nabi, yang wajahnya bersinar seperti rembulan.

setiap umat muslim, pastilah menginginkan bertemu dengan idolanya ini. Melihat sosok Nabi saja sudah merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah, terlebih jika kita diijinkan untuk bertemu bahkan berkumpul dengan Nabi di surga kelak. Maka dari itu, jika kita mengaku umat Rasul maka kita harus senantiasa melakukan sunnah Rasul sebagai amalan yang dianjurkan. Terdapat satu kesempatan yang bisa kita dapatkan untuk melihat Rasul di dalam mimpi jadi jangan sampai menyia-nyiakan hal baik tersebut. Karena setiap umat Rasul pasti ingin mengenal dan melihat secara langsung seorang nabi yang mulia, meskipun hanya lewat mimpi.

Rasul pernah bersabda bahwa berita tentang umatnya yang bisa bertemu dengan beliau di mimpi adalah benar adanya. Hal ini dikarenakan, setan manapun tidak dapat berubah bentuk menyerupai Nabi Muhammad. Namun, siapkah orang yang bisa melihat nabi di dalam mimpinya?

Bagi umat muslim ada pedoman Al-Hadits. Di sana, terdapat ciri-ciri fisik Rasulullah Muhammad Saw. Dikutip Islamcendekia.com dari berbagai sumber riwayat hadis, Nabi Muhammad memiliki ciri-ciri fisik, di antaranya rambut ikal berwarna agak kemerahan, terurai sampai bahu.

Kulit nabi Muhammad berwarna putih agak kemerah-merahan, wajahnya cenderung berbentuk bulat, mata berwarna hitam, dan bulu mata panjang. Beliau tidak punya kumis, janggut sepanjang sekepal telapak tangannya.

Bahu Nabi Muhammad lebih lebar dengan tulang kepala besar, badannya sedang dan atletis. Jemari kaki dan tangannya tebal, lentik memanjang.

Itu salah satu ciri-ciri atau bentuk fisik Nabi Muhammad. Bila Anda bermimpi bertemu dengan seseorang berbadan gelap, pendek, dan memperkenalkan diri sebagai Rasulullah Muhammad Saw, berarti itu upaya bentuk tipu muslihat setan dan iblis yang terkutuk.Mimpi melihat bertemu dengan Nabi Muhammad Rasulullah SAW memiliki arti, makna dan tafsir kemuliaan hidup. Sungguh beruntung seseorang yang bermimpi ketemu dengan pembawa risalah Tuhan berupa Islam ini.

Ada dua golongan orang yang bisa melihat atau bermimpi bertemu dengan rasulullah. Golongan pertama merupakan para sahabat Rasul yang hidup pada zaman beliau. Mereka mengetahui dan bisa melihat dengan jelas mengenai manusia paling mulia ini. Terlebih mereka menghabiskan masa hidupnya hanya untuk menemani Rasul dalam menyebarkan kebaikan. Saat mereka memimpikan nabi, baik ketika nabi sudah atau belum wafat. Mereka bisa memastikan bahwa nabi yang ada di dalam mimpinya adalah benar-benar sosok nabi, kekasih Allah.

Dan golongan yang kedua adalah mereka yang sangat mencintai Rasul dan selalu mengikuti sunnahnya yang mulia. Mereka akan memanfaatkan waktu untuk mempelajari sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasul kemudian menjalankannya sesuai tuntunan. Oleh karena itu, kecintaan mereka dapat kita lihat ucapan, pikiran, ataupun perbuatan sebagai suatu bentuk amalan ibadah.

Menurut Syeikh Ibnu Muflih, apabila seseorang tidak masuk dalam kedua golongan yang telah dijelaskan maka tidak dapat dipastikan jika mereka bisa melihat Nabi di dalam mimpi. Bahkan, bisa jadi apa yang mereka lihat di dalam mimpi merupakan tipu daya dari setan yang ingin menjerumuskan kita.

Dalam Hadist diatas dijelaskan bahwa benar adanya kita bisa bertemu dengan Rasulullah lewat mimpi dan dipastikan pula orang yang mimpi bertemu dengan Rasulullah itu adalah benar, karena jika setan datang dalam mimpi kita, ia tidak mungkin bisa menyerupai wajah Rasulullah.

“Siapa yang melihatku dalam tidurnya, maka dia akan melihatku dalam keadaan jaga (tidak dalam keadaan tidur).

Al-Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang melihatku dalam tidurnya, maka sungguh dia telah melihatku, karena sesungguhnya syaithan tidak pantas menyerupaiku.”

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk mengetahui keaslian mimpi kita, yaitu tentang ciri-ciri Nabi. Penulis Fathul Mun’im mengatakan: “Akan tetapi ciri-ciri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam perlu dikenal, karena syaithan berusaha menipu manusia dengan berbagai cara. Kadang dia menampakkan diri kepada seseorang seakan-akan dia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, padahal tidak. Dan ini adalah tipuan syaithan. Tidak ada gunanya ucapan orang yang ada di dalam mimpi: “Saya adalah Rasulullah.” Atau ucapan orang yang dilihatnya bersama sosok itu di dalam mimpi: “Ini Rasulullah.” Karena syaithan mampu berdusta untuk dirinya atau untuk orang lain. Dan sudah banya manusia yang tersesat dalam masalah ini, terutama dari kalangan kaum tarekat sufiah atau sejenisnya, semoga Allah melindungi kita.

Jika kita ingin bersungguh-sungguh ingin bermimpi bertemu Nabi, cobalah amalkan beberapa amalan shalawat istimewa yang sudah teruji keampuhannya dalam mendapatkan keberkahan hidup.

 

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas