Logo Ilmu Batin

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


KONSULTASI

 


Untuk berkonsultasi dengan Ust. Ajib, silakan konfirmasi ke Customer Service terlebih dahulu

  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas

Tips Agar Rumah Tangga Harmonis

Kumpulan Artikel » Rumah Tangga » Tips Agar Rumah Tangga Harmonis


Mempunyai rumah tangga yang tentram dan harmonis merupakan impian semua pasangan suami istri. Namun didalam membina rumah tangga agar selalu harmonis dan romantis tidak mudah. Diperlukan rasa cinta dan kasih sayang dari kedua pasangan. Dengan cinta dan kasih sayang jalinan rumah tangga akan menjadi bagai syurga, tapi sebaliknya jika rumah tangga tanpa cinta kasih sayang maka hidup dalam rumah tangga akan seperti neraka.

Tips Agar Rumah Tangga HarmonisPerjalan rumah tangga tidak selamanya tentram dan harmonis, pasti akan menghadapi suatu konflik. Agar konflik tersebut tidak berakhir dalam perceraian, maka masing-masing pasangan harus mempunyai rasa pengertian. Maksudnya pengertian ketika suami melakukan kesalahan maka istri harus mencoba mengerti kesalahan suami dan memaafkannya, dan prinsip tersebut juga berlaku pada seorang suami ketika istri melakukan kesalahan.

Cinta dan kasih sayang suami istri bersifat fluktuatif. Maksud fluktuatif yaitu kadang tampak demikian kuat, namun pada kesempatan yang lain bisa mengalami pelemahan. Banyak faktor yang membuat suasana fluktuasi tersebut, baik datang dari kondisi jiwa suami maupun jiwa istri, atau datang dari luar rumah. Untuk selalu menjadi kuat perasaan cinta dan kasih sayang memerlukan proses penjagaan yang rutin.

Sesungguhnya­ kehidupan keluarga tidak hanya diikat oleh hal-hal besar, Kebiasaan ringan dan kecil juga sangat dibutuhkan, karena pada kenyataannya kebiasaab kecil lebih bercorak praktis dan mudah dirasakan dan dilihat oleh pasangan. Ada banyak kebiasan kecil yang sederhana, apabila dilakukan dengan ketulusan hati maka akan mampu menjaga dan menyuburkan cinta kasih antara suami dan isteri. Di antara kebiasaan kecil tersebut adalah:

1. Sesibuk apapun waktu anda, luangkan waktu untuk mengobrol berdua.

Mengobrol adalah aktivitas yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Jangan menyepelekan obrolan bersama pasangan. Mengobrol bisa mengurangi ketegangan jiwa, dan membuat suasana kelembutan hati. Berbagai tumpukan permasalahan akan terurai dan endapan perasaan yang menggumpal di dada, akan terurai dan melarut dalam suasana obrolan yang nyaman.

Jangan berpikir tema. Mengobrol bersama pasangan itu tidak harus dibatasi tema tertentu dengan waktu tertentu. Bisa berbicara tentang tema apapun dan dengan waktu kapanpun yang dimiliki. Bahkan untuk pasangan yang super sibuk, mereka tetap memerlukan aktivitas mengobrol, kapanpun dan dimanapun. Tidak boleh menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk meninggalkan mengobrol.

Bagi pasangan yang super sibuk, bisa menyepakati waktu tertentu untuk bisa bertemu fisik dan mengobrol bersama pasangan. Mungkin saja tengah malam, mungkin pula menjelang subuh. Suami dan isteri harus menyediakan waktu dan kesempatan yang memadai untuk bisa mengobrol berdua. Tidak cukup melalui telepon, SMS, BBM, email dan teknologi lainnya. Mengobrol dan bertemu langsung adalah sebuah kebutuhan psikologis bagi suami dan isteri. Maka mengobrol harus dijadikan sebagai kebiasaan yang mengasyikkan dan dirindukan.

2. Berikan sentuhan fisik yang ringan dan lembut setiap hari.

Sentuhan fisik yang ringan dan lembut bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Misalnya, ketika berboncengan naik motor, sangat nyaman ketika isteri memeluk suami dari belakang. Ketika mengendarai mobil berdua, isteri bisa menyentuh dengan lembut tangan suami yang tengah memegang tuas perseneling. Ketika berpamitan untuk berangkat kerja, suami bisa mencium kening isteri, dan isteri bisa mencium tangan suami.

Aktivitas memeluk, membelai, menggandeng tangan adalah contoh sentuhan fisik yang sangat dalam maknanya. Tanpa harus berkata-kata, cukup memeluk saja, itu sudah memberikan banyak pesan yang lebih luas daripada kata-kata. Sentuhan fisik termasuk salah satu sarana komunikasi nonverbal yang sangat efektif. Komunikasi tidak selalu dalam bentuk obrolan panjang atau diskusi yang akademik, namun sentuhan telah memberikan berbagai pesan yang sangat dalam.

3. Berikan perhatian melalui berbagai sarana.

Perhatian suami kepada isteri dan sebaliknya bisa­ diwujudkan dalam berbagai bentuk dan sarana. Saat suami berkemas hendak berangkat kerja, isteri bisa menunjukkan perhatian dengan memberikan bantuan, atau sekedar mengingatkan, apakah ada perlengkapan yang ketinggalan. Saat isteri berdandan, suami bisa memberikan perhatian dlam bentuk memuji penampilannya atau menyarankan suatu penampilan tertentu yang lebih menarik.

Perhatian juga bisa ditunjukkan melalui teknologi. Misalnya mengirim pertanyaan dan ingatan melalui SMS atau BBM, “Pa, jangan lupa obatnya diminum siang ini jam 13.00”. Atau ungkapan, “Mama jangan lupa makan siang ya, biar tetap sehat dan fit”. Telepon juga merupakan bentuk perhatian. Walaupun terpisah jarak dan waktu karena tugas, tetap ada perhatian melalui bantuan teknologi.

4. Sampaikan cerita dan informasi.

Kebiasaan ringan lainnya yang bisa menguatkan keharmonisan keluarga adalah menyampaikan cerita dan informasi kepada pasangan. Misalnya suami yang akan mendapatkan tugas dari kantor untuk kunjungan ke luar daerah, bisa menceritakan dan menginformasika­n rencana tugas tersebut kepada isteri. Dengan demikian, isteri merasa dilibatkan dalam tugas suami sejak awal, dan membuatnya merasa mendapat kepercayaan serta perhatian.

Demikian pula seorang isteri bisa menyampaikan cerita tentang apa yang dilakukan seharian bersama anak-anak di rumah. Cerita dan informasi ringan seputar aktivitas rutin sehari-hari di tempat kerja, di rumah, di masyarakat, yang disampaikan kepada pasangan, merupakan bagian dari kebiasaan yang menguatkan cinta kasih antara suami dan isteri. Masing-masing merasakan adanya keterbukaan dan kejujuran melalui cerita dan informasi yang mengalir setiap hari.

5. Mendekatkan diri pada Allah dengan doa mahabbah agar hubungan bertambah harmonis.

Do’a Mahabbah merupakan sebuah do’a ayat al-Qur’an yang mempunyai faedah salah satunya adalah agar hubungan rumah tangga bertambah harmonis. Dan agar disayangi dan dikasihi oleh orang-orang yang kita cintai, suami, istri, anak-anak, kerabat, sahabat, tetangga, dan lain sebagainya. Doa ini meliputi keseluruhannya dan InsyaAllah bagi siapapun yang mengamalkan Doa Mahabbah akan dikasihi dan disayangi setiap manusia.

Do’a sangat baik diamalkan agar pasangan suami atau istri menjadi pasangan yang setia serta penyayang sehingga terjalin keluarga yang harmonis. Kasih sayang bertambah erat dan kokoh. Berikut adalah do’a mahabbah yang kami kutip dari Artinya:

Katakanlah:  “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Surah Ali Imran:Ayat 31)

Masih sangat banyak kebiasaan kecil dan ringan yang mudah dilakukan sehari-hari dalam membina rumah tangga agar senantiasa tentram yang akan menguatkan keharmonisan keluarga. Selayaknya suami dan isteri memperhatikan kebiasaan kecil yang akan semakin menyuburkan suasana cinta dan kasih sayang di antara mereka. Itu pula yang sekaligus memupuk perasaan suka dan perasaan saling membutuhkan antara suami dan isteri.

Informasi lebih lengkap berkaitan dengan doa mahabbah untuk pengamalan silakan Anda klik disini: Doa Mahabbah

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 


  Jam Kerja

  Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Untuk respon cepat, silahkan menghubungi kami pada hari dan jam kerja di atas